cool hit counter

Sempat Error Hampir 2 Jam, Begini Awal Mula WhatsApp Tak Bisa Kirim Pesan pada Selasa Kemarin

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Aplikasi pesan instan WhatsApp sempat eror atau down pada Selasa siang (25/10/2022), sekitar pukul 14.10 WIB. Masalah WhatsApp down menyebabkan pengguna tak bisa berkirim pesan, baik secara personal maupun grup, selama hampir dua jam.

Berdasarkan pengamatan KompasTekno, beberapa saat sebelum WhatsApp eror terjadi, pesan hanya bisa terkirim dengan tanda centang satu. Idealnya, tanda centang satu itu berarti pesan terkirim tapi tidak masuk ke pengguna lain.

Namun, pada kondisi tersebut, pesan dengan tanda centang satu itu bisa masuk ke pengguna lain dan masih dapat berbalas. Setelah itu, akhirnya WhatsApp tak bisa dipakai buat berkirim pesan sama sekali selama hampir dua jam.

Kondisi sebelum WhatsApp down dengan terdapat pesan centang satu itu juga dirasakan atau dialami oleh beberapa pengguna lain di Twitter, sebagaimana unggahan twit dari akun dengan handle @steefanwijaya dan @indihee di bawah ini.

Saat WhatsApp down terjadi, cukup banyak warganet Indonesia yang melontarkan protes atau keluhan atas permasalahan ini melalui media sosial. Untuk lebih lengkapnya simak, kronologi WhatsApp down hingga akhirnya berangsung pulih di bawah ini.

Protes warganet Indonesia atas WhatsApp down

Pada sekitar pukul 14.30 WIB, situs web navigasi platform Down Detector menunjukkan bahwa terdapat sekitar lebih dari 3.000 laporan dari pengguna mengenai masalah WhatsApp down tidak bisa mengirim pesan.

Dalam rentang waktu itulah, ramai pula bertebaran keluhan dan protes warganet Indonesia di media sosial mengenai masalah tersebut. Beberapa warganet bahkan mengajak untuk beralih ke Telegram, seperti twit dari akun dengan handle @mhmdhdr1 di bawah ini.

Kemudaian, keluhan tak hanya dilayangkan lewat Twitter, melainkan juga langsung di kolom komentar salah satu unggahan dari akun Instagram resmi milik pihak WhatsApp. Pantauan KompasTekno, mayoritas warganet mempertanyakan penyebab WhatsApp down.

Selain itu, mereka juga melontarkan keluhannya seraya meminta agar perusahaan bergegas memperbaiki aplikasi WhatsApp agar bisa digunakan kembali.

Beberapa pengguna mengaku sempat tidak menyadari WhatsApp down. Mereka mencoba me-restart ponsel, namun pesan tetap tidak terkirim.

“Bolak-balik restart HP kirain HPku yang error. Nemu jawabannya di sini. Ternyata WA yang lagi error,” ujar salah satu pengguna WhatsApp.

“Ini WhatsApp Indonesia lagi centang 1 semua?” timpal pengguna WhatsApp lain untuk memastikan bahwa bukan hanya dia yang mengalami WhatsApp error.

“Dude, why whatsapp can’t send massage on group chat (Hai, WhatsApp tidak bisa mengirim chat grup saya)”, kata pengguna lain.

Masalah WhatsApp down tidak hanya terjadi untuk pengguna di Indonesia. Pantauan KompasTekno di situs Down Detector, WhatsApp eror juga terjadi di 49 negara, termasuk Indonesia, Filipina, Singapura, India, Brasil, Amerika Serikat (AS), Inggris, hingga Rusia.

Pihak WhatsApp akui terdapat gangguan

Berbarengan dengan keluhan warganet, pihak WhatsApp akhirnya mengakui apabila telah terjadi kendala pada sekitar pukul 15.20 WIB. Namun, tak dijelaskan secara pasti kendala apa yang membuat aplikasi WhatsApp sampai tak bisa berkirim pesan.

“Kami menyadari bahwa ada beberapa orang yang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin,” ujar Meta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, pada Selasa (25/10/2022).

Sementara tak dijelaskan apa penyebabnya, akun Twitter WABetaInfo yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, mengatakan bahwa WhatsApp tengah mengalami gangguan saat hendak terhubung ke server.

“WhatsApp mengalami masalah saat menghubungkan ke server. #whatsappdown,” tulis akun dengan handle @WABetaInfo di Twitter.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, beberapa saat setelah pihak WhatsApp mengeluarkan pernyataan, masalah WhatsApp down akhirnya berangsur pulih untuk pengguna di Indonesia sekitar pukul 15.51 WIB.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo