cool hit counter

Para HR, Kenali Konsep Personalia dan Pegawai

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Banyak HR yang masih bingung dengan konsep personalia dan pegawai. Sebenarnya apa sih konsep personalia dan pegawai itu?

Nyatanya meski sudah digunakan dalam pekerjaan atau bisnis sehari-hari, konsep ini masih kerap membingungkan. Oleh karena itu, mari kita membahasnya bersama-sama.

Rubrik Finansialku

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sudah menjadi sifat rasional manusia bahwa mereka akan mengupayakan sumber daya manusia untuk mencapai kepuasan maksimal dalam mencapai tujuannya (biasanya tujuan ini berupa keuntungan).

Secara luas, sumber daya manusia didefinisikan para ahli sebagai orang (individu atau kelompok) yang bekerja bagi perusahaan demi mencapai tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan.

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

Dengan demikian jelas bahwa sumber daya manusia sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sebuah perusahaan tidak akan pernah bisa berjalan jika tidak ada sumber daya manusia yang menjalankannya.

Disini, sumber daya manusia diposisikan sebagai tenaga kerja atau pegawai dan sering disebut sebagai personalia. Namun sayangnya masih banyak yang kurang memahami konsep personalia dan pegawai ini.

Namun jangan khawatir, Finansialku akan menjabarkannya bagi Anda sebagai berikut ini:

Istilah Manajemen Personalia

Manajemen personalia pertama kali muncul dari bahasa inggris yakni personnel management. Namun masih banyak istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan manajemen personalia, antara lain sebagai berikut:

Istilah ini mulai dipopulerkan sejak Perang Dunia ke II, dimana tenaga kerja sangatlah dibutuhkan pada masa ini.

Saat itu, manajemen tenaga kerja digunakan untuk menggambarkan:

    Perencanaan sumber daya manusia dalam kesempatan kerja

    Pengarahan sumber daya manusia dalam kesempatan kerja

    Pengendalian/ pengawasan sumber daya manusia dalam kesempatan kerja

Buruh merupakan sebuah istilah yang lebih luas dari personalia, karena:

    Buruh merupakan orang yang bekerja pada seorang majikan dengan menerima upah

    Personalia atau pegawai merupakan setiap orang yang mengembangkan jasanya kepada suatu badan usaha/ organisasi, baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintahan, dan mendapatkan imbalan upah atau gaji atas jasa tersebut

Diartikan sebagai sebuah hubungan yang timbul karena adanya kata kerja, baik sebelum maupun sesudah terjadinya ikatan kerja.

Dengan kata lain, hubungan industri memiliki pengertian lebih luas dari manajemen tenaga kerja, manajemen perburuhan, dan lainnya.

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

Istilah ini populer di kalangan perusahaan swasta dan menangani masalah penggunaan sumber daya dalam suatu kerja sama.

Adapun beberapa ciri-cirinya adalah:

    Ada hubungan kerja

    Ada masalah pengadaan atau penerimaan pegawai

    Ada masalah imbalan jasa atas prestasi kerja

    Ada masalah pemutusan hubungan kerja

Singkat cerita, seluruh istilah tersebut sebenarnya saling berkaitan, dimana semuanya menyangkut unsur personalia/pegawai/tenaga kerja/buruh dan segala kegiatan yang berkaitan dengannya.

[Baca Juga: 12 Cara Penyelesaian Konflik dan Resolusi Konflik di Tempat Kerja, No 5 adalah Cara yang Harus Anda Buktikan]

Namun dapat diambil keputusan bahwa:

    Istilah administrasi personnel (personnel administration) memiliki arti sama dengan istilah manajemen kepegawaian (personnel management), hanya lingkup penggunaannya yang berbeda.

    Istilah manajemen kepegawaian, manajemen personalia, dan tata personalia memiliki arti dan tujuan yang sama karena ketiganya merupakan turunan kata personnel management.

Macam-macam Pegawai

Serupa dengan manajemen personalia, ada banyak istilah yang mendefinisikan pegawai dalam konsep ekonomi, yaitu sebagai berikut:

[Baca Juga: Saatnya Kembali Bekerja: 10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja]

Kenali Konsep Personalia dan Pegawai demi Manajemen Sumber Daya Manusia yang Lebih Baik

Menurut penjabaran di atas, tampak pentingnya sumber daya manusia dan manajemennya demi kesejahteraan perusahaan. Oleh karena itulah penting bagi baikan Human Resource (HR) untuk mengenal konsep personalia dan pegawai ini.

Dengan memahami konsepnya, Anda bisa menerapkan manajemen sumber daya manusia yang lebih baik lagi. Dan ujung-ujungnya hal ini akan menguntungkan perusahaan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai konsep personalia dan pegawai lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Jimmy L. Gaol. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia).

Sumber Gambar:

    Personalia dan Pegawai 01 – https://goo.gl/v2kL1U

    Personalia dan Pegawai 02 – https://goo.gl/p6PGjb

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo