cool hit counter

5 Gerakan Pilates yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Menjaga kebugaran tubuh agar selalu fit perlu dilakukan siapa saja, apalagi bagi ibu hamil .

Beberapa keluhan seperti nyeri punggung atau nyeri otot bisa muncul apabila seorang ibu tidak menjaga kebugaran tubuhnya semasa kehamilan.

Supaya tubuh tetap bugar saat hamil, penting bagi ibu untuk berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dicoba adalah prenatal pilates .

Gerakan pilates yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Olahraga ini relatif populer di kalangan selebritas yang sedang memasuki masa kehamilan.

Namun tentunya, diperlukan gerakan yang lebih santai dan lebih ringan demi melindungi bayi dalam kandungan.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube Whitney E RD, pakar prenatal pilates , Robin Long menjelaskan lima gerakan pilates yang harus dihindari ibu hamil dan diganti dengan gerakan lain.

1. Chest list

Setelah trimester kehamilan pertama, ibu hamil wajib menghindari gerakan meremas (crunching) atau menekan (compressing) rongga perut.

Sebagai gantinya, Long merekomendasikan toe taps untuk menstabilkan otot perut.

2. Pilates roll-up

Ibu hamil yang sudah melewati trimester pertama sebaiknya tidak melakukan latihan ini karena akan memberi terlalu banyak tekanan pada dinding perut.

Cobalah modified roll-up, gerakan yang tetap melatih otot inti namun mengurangi tekanan di dinding perut.

3. Criss-cross

Sama seperti gerakan sebelumnya, criss-cross juga memberikan terlalu banyak tekanan di area perut.

Solusi yang bisa dicoba adalah gerakan banana leg lift. Gerakan ini melatih oblique (otot di sisi kiri dan kanan) dengan cara yang lebih aman.

4. Swimmer

Gerakan apa pun yang mengharuskan ibu hamil berbaring tengkurap tidak ideal setalah melewati trimester pertama kehamilan.

Gantilah gerakan tersebut dengan kneeling swimmer, untuk melatih perut dan paha tanpa memberikan tekanan pada perut.

5. Pilates plank

Gerakan ini dapat diterapkan hingga akhir masa kehamilan. Namun jika ibu kesulitan mengangkat panggul dan menopang perut, hindari pilates plank.

Modified plank atau hover plank dianjurkan oleh Long, karena gerakan ini akan melatih otot inti sembari tetap menopang punggung bawah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo