cool hit counter

5 Manfaat Menggunakan Software Attendance Management Serta Fitur yang Wajib Ada

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Dengan penekanan pemerintah yang mendorong UKM beralih ke digital, jelas bahwa penerapan proses otomatis dalam ruang lingkup departemen SDM perusahaan menjadi semakin penting. Terlebih software attendance management seringkali diabaikan oleh bisnis yang hanya berfokus pada pertumbuhan eksternal, yang berakibat fatal pada sistem kepegawaian internal perusahaan.

Sistem internal yang buruk malah jadi menyulitkan HR atapun karyawan, jauh berbanding terbalik dengan sistem digital yang lebih baru. Ketidakfleksibelan sistem berdampak negatif pada peluang bertumbuhnya perusahaan di masa mendatang. Karena sejatinya, pertumbuhan akan terjadi jika para pimpinan perusahaan bisa berpikir dalam jangka panjang.

Oleh karenanya, perusahaan dapat mulai memperbarui software attendance management atau sistem waktu dan kehadiran karyawan secara digital. Tapi, apa saja ya yang perlu dimiliki oleh software attendance management terbaru? Berikut 7 fitur pada umumnya:

1. Clock In dan Clock Out

Mari mulai dengan fitur yang paling jelas dan penting. Jelas, tujuan utama dari perbaruan software attendance management adalah untuk memungkinan karyawan dapat absen kedatangan dan pulang dengan mudah, begitu juga pencatatan jam kerja karyawan. Opsi yang dapat Anda pilih antara lain fingerprint, face biometrik atau lebih mudahnya, penggunaan absensi online di smartphone masing-masing karyawan.

2. Penjadwalan Karyawan yang Fleksibel

Beberapa bisnis menawarkan jadwal fleksibel yang memungkinkan karyawan memulai dan mengakhiri hari kerja pada waktu yang berbeda. Sebagian lainnya lebih suka memiliki hati kerja teratur dengan jadwal kerja yang sama.

Nah, di sistem yang digital, baik jam kerja fleksibel maupun teratur dapat disinkronisasi dengan mudah. Aplikasi time attendace system, memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola banyak jadwal serta daftar nama karyawan. Fungsionalitas yang begitu lengkap dengan pemberitahuan terlambat atau melebihi jam kerja yang seharusnya.

3. Manajamen Ketidakhadiran

Selain memantau kehadiran karyawan, sistem time attendace kompeten akan bantu Anda kelola ketidakhadiran. Bahkan jika ketidakhadiran tidak terdiga seperti sakit, cuti, atau hal laiinya sehingga memudahkan manajer untuk melihat sekilas siapa yang masuk dan siapa yang tidak, dan apa hak setiap orang untuk lembur maupun tunjangan dati kehadiran.

4. Integrasi dengan Sistem Penggajian

Dengan asumsi proses penggajian yang telah otomatis, sistem absensi juga harus dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam sistem penggajian Anda. Dengan maksud, dapat memberi data kehadiran akutrat agar perhitungan gaji dan tunjangan lainnya dapat dihitung dengan cepat. Tentu, Anda perlu memiliki sistem yang menyediakan solusi terintegrasi.

5. Kepatuhan terhadap Undang Undang Ketenagakerjaan

Di Indonesia, Undang Undang dan peraturan ketenagakerjaan telah menetapkan jumlah jam kerja maksimum dalam seminggu. Baik untuk 5 atau 6 hari kerja. Maka dari itu, sistem waktu dan kehadiran harus memantau setiap jam kerja karyawan secara merinci dan realtime, sehingga dapat memberikan pemberitahuan otomatis jika ada pola jam kerja yang tidak memenuhi norma legislatif,

6. Tersedia secara Online

Saat ini, karyawan perusahaan mungkin jauh lebih tersebar. Dengan beberapa karyawan yang bekerja di lapangan, dari rumah atau tempat lain. Versi seluler yang tersedia secara online harus memungkinkan karyawan untuk mengelola kehaidran dari gawai mereka.

7. Pelaporan

Terakhir, software attendance management harus dapat memberikan laporan dan analitik yang disesuaikan menggunakan data sistem. Sistem yang memberi informasi terkini terkait berbagai laporan kehadiran yang selalu diperbarui secara otomatis 24/7. Baik jam kerja, pola shift, dan manajemen kehadiran keseluruhan pun dapat dievalusi dengan mudah.

Manfaat Menggunakan Software Attendance Management

Banyak fitur-fitur yang sangat bermanfaat ada didalam software attendance management. Berikut ini manfaat menggunakan software attendance management, seperti aplikasi Mekari Talenta:

1. Bisa Mengurangi Potensi Kecurangan

Perusahaan yang menggunakan software attendance management mempunyai tingkat keakuratan data pada saat karyawan absensi sehingga mempermudah memonitor kinerja. Perekaman data absensi terhitung berdasarkan kehadiran yang sudah dilakukan rekapitulasi secara langsung tanpa menunggu lagi.

2. Hanya Butuh Modal Koneksi Internet dan Smartphone

Jika perusahaan telah menerapkan software attendance management, setiap karyawannya harus mempunyai aplikasi tersebut di setiap perangkat smartphonenya masing-masing. Selain itu juga diperlukan adanya jaringan internet di dalam kantor sehingga mempermudah bagi para karyawan melakukan absensi online.

Di manapun mereka berada dalam cakupan koneksi internet yang ada di kantor bisa menggunakan software attendance management. Software attendance management juga bisa meminimalisasi biaya pengadaan serta pemeliharaan perangkat mereka.

3. Bisa Melakukan Pemantauan secara Real Time

Keunggulan software attendance management karyawan ialah melakukan pemantauan data secara real-time atau seketika. Hal itu tentunya akan mempermudah kinerja bagian personalia karena kehadirannya serta keterlambatan bisa dipotong setiap hari tanpa kemudian harus memindahkan data perangkat atau komputer lain.

Sebab, sinkronisasi data yang ada akan lebih mudah karena nantinya memformat disk tersimpan di sistem cloud.

4. Data Rekapitulasi Akan Lebih Mudah

Jika menggunakan software attendance management, perusahaan tidak perlu lagi repot-repot melakukan pemindahan data dari lembaran kertas ke komputer. Sebab, aplikasi seperti itu sudah terintegrasi sepenuhnya dengan data-data lainnya yang ada di perusahaan.

Data-data tersebut seperti data kehadiran ataupun keterlambatan yang mana nantinya akan bisa disandingkan dengan data-data lain. Seperti halnya identitas serta jabatan karyawan.

5. Software attendance management Memiliki Kecepatan dan Data Akurat

Software attendance management bisa menghindari berbagai macam kesalahan, terutama terhadap penghitungan kehadiran karyawan. Sebab, tim berwenang (dalam hal ini HR) yang berwenang yang mengurusi begitu banyaknya karyawan.

Mereka akan menyusun laporan-laporan seperti halnya laporan gaji, laporan sakit atau izin dan lain sebagainya.

Hal itu tentu bukanlah menjadi sesuatu yang diinginkan HR. Selain itu, karyawan juga akan merasa dirugikan apabila terjadi kesalahan dalam urusan gaji tersebut. Oleh karena itu, software attendance management menjadi hal yang sangat penting bagi tim HR.

Ada berbagai macam software attendance management yang mempunyai fitur beragam, seperti HRIS Mekari Talenta dan software lainnya yang mempunyai berbagai fitur dan dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien.

Apa itu Aplikasi atau Software Talenta?

Pernah dengar aplikasi yang memudahkan perusahaan dalam membuat jejaring karyawan seperti absen, gaji, cuti, payment dan lainnya? Maka aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi software Talenta. Software talenta ini berada pada pelayanan Mekari guna memenuhi kebutuhan para pebisnis dan pengusaha dalam mengelola administrasi karyawan.

Software talenta ini mengedepankan sistem HRIS, sistem tersebut sudah sangat canggih serta adanya fitur yang menarik. Dalam penggunaan software ini memang tidak begitu rumit. Keberadaan aplikasi Talenta justru akan memudahkan penggunanya untuk segera menikmati layanan kontrol gratis.

Talenta juga memiliki beberapa sistem yang bisa memanfaatkan agar pengelolaan secara manajemen kerja karyawan bisa optimal. Pemanfaatan Software Talenta ini menandakan bahwa pengusaha atau pebisnis lebih siap menghadapi era digital dengan segala kemudahaan. Biasanya, perusahaan menggunakan aplikasi atau software sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Aplikasi Talenta

Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta sebagai aplikasi. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.

Menggunakan Talenta bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta tersebut.

Fitur yang ada di Talenta sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya jika aplikasi tentang Talenta sudah ada baik via HP atau PC tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.

Talenta Attendance

Apa itu Talenta Attendance? software yang merupakan salah satu bagian dari produk Talenta. Pada Talenta Attendance untuk memberikan solusi kepada perusahaan atau pebisnis untuk pengelolaan karyawan. Baik karyawan dari usaha kecil atau menengah bisa juga dengan bidang retail, bisnis privat, makanan atau minuman serta pelayanan jasa.

Penggunaan aplikasi Attendance management ini mampu mengatur absensi masuk, monitoring real time, jadwal shifting, hingga rekap kehadiran otomatis. Jadi keberadaan Talenta Attendance ini sangat memudahkan pebisnis atau pengusaha dalam pengoperasian jadwal karyawan, secara akurat, efisien, serta efektif.

Untuk bisa menggunakan Talenta Attendance secara gratis bisa dengan mengunduh di playstore untuk memaksimalkan kinerja. Jadi pengguna bisa lebih fleksibel serta melakukan kontroling dengan mudah serta lebih terjamin akurasinya. Oleh karena itu, saran selanjutnya untuk segera melakukan install aplikasi dan melakukan login secara pribadi.

Download Talenta for PC

Bagaimana memanfaatkan Talenta untuk PC, maka cobalah perhatikan beberapa tahapan bagaimana mendownload aplikasi tersebut untuk PC. Adapun cara melakukan dan tahapan saat harus install Talenta untuk PC, berikut ini:

1. Pastikan PC yang digunakan Sesuai

Untuk bisa menggunakan aplikasi dari Talenta secara maksimal maka bisa dengan memastikan PC yang sesuai. Agar nantinya aplikasi yang sudah terinstal memang cocok untuk jenis PC. Biasanya jenis PC juga berpengaruh pada aplikasi dan ada beberapa aplikasi yang tidak mau terinstal.

2. Pilih yang Sesuai dengan Windows yang Ada

Bagi pengguna windows, maka perhatikan jenisnya, seperti, windows 7, 8 ,9 atau 10 sehingga aplikasi dari Talenta bisa cocok menggunakannya. Keberadaan aplikasi Talenta ini memang sangat penting dalam menangani kelancaran kontrol bagi para pebisnis mikro dan lainnya. Pengelolaan karyawan tersebut bisa terjadi secara digital via Talenta.

3. Download Aplikasi Talenta untuk PC

Jika sudah menyesuaikan PC yang ada di software maka berikutnya tinggal download aplikasi tersebut. Aplikasi yang Talenta luncurkan gratis, memudahkan karyawan serta pemilik usaha untuk bisa melakukan kontrol yang lebih.

Harapannya dengan adanya software HRIS untuk PC semakin memudahkan pengguna baru untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi. Beberapa fitur juga akan membantu karyawannya dalam absensi, bayar BPJS, juga tidak perlu repot harus ada laporan tertulis.

Dengan memanfaatkan software Talenta secara bermanfaat serta memberikan nilai positif. Para karyawan saat ini telah melakukan finger print via mobile dengan aplikasi bernama Talenta itu. Keberadaan software Talenta memang sangat tepat terpilih sebagai salah satu solusi teknologi modern berdasarkan request.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tabloidbintang.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo