cool hit counter

Berjalan 2 Menit Sehabis Makan Bisa Jaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Shutterstock

Dream – Mulai saat ini kurangi kebiasaan kamu yang biasanya langsung duduk atau tiduran setelah makan siang atau malam. Tahukah Sahabat Dream jika berjalan-jalan setelah makan, meski hanya beberapa menit saja, dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

© Shutterstock

Cukup berdiri juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah tetapi dengan hasil yang berbeda dibandingkan berjalan-jalan santai.

Bagaimana Jalan Kaki Ringan Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

© Shutterstock

Saat menyantap makanan, terutama ang mengandung banyak karbohidrat, kadar gula darah dan jumlah glukosa dalam darah umumnya akan melonjak sementara. Kondisi normal Ini dikenal sebagai lonjakan postprandial.

Lonjakan gula darah ini biasanya memicu pelepasan hormon yang disebut insulin, yang memungkinkan glukosa meninggalkan aliran darah dan memasuki sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan energi.

Tetapi keseimbangan antara kadar gula darah dan insulin adalah hal yang rumit dan itu bisa lepas kendali dengan cepat.

© Shutterstock

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, tubuh secara konsisten memiliki lonjakan gula darah yang sangat tinggi ehingga secara rutin memompa lebih banyak insulin sel yang pada akhirnya dapat berhenti merespons insulin dan menjadi resisten terhadap insulin.

Pelanggaran keseimbangan ini dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Berjalan cepat setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit kardiovaskular atau diabetes.

Tim peneliti dari University of Limerick menganalisis tujuh studi berbeda untuk memeriksa efek istirahat menetap atau gangguan duduk lama pada penanda kesehatan kardiometabolik, seperti kadar gula darah dan insulin, setelah makan.

Hanya dua dari studi tersebut termasuk orang dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2. lima penelitian lainnya tidak memasukkan peserta dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2.

Para peneliti menemukan bahwa kebiasaan berdiri dan berjalan dapat menurunkan kadar glukosa postprandial, dibandingkan dengan duduk.

Tapi, menurut penulis penelitian, ” berjalan dengan intensitas ringan ditemukan sebagai intervensi yang unggul.” Berjalan ringan juga ditemukan untuk meningkatkan kadar insulin setelah makan.

Pada akhirnya, para peneliti merekomendasikan berjalan dengan intensitas ringan untuk menurunkan kadar gula darah dan insulin setelah makan.

(Sumber: Health)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo