cool hit counter

Korban Tewas Tragedi Halloween Itaewon Korea Selatan Dapat Bertambah karena 20 Orang Kini Kritis

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Korban tewas tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan bertambah menjadi 153 orang, The Guardian melaporkan.

Diperkirakan, jumlah korban tewas dapat meningkat lebih lanjut, karena sekira 20 dari 82 orang yang terluka dilaporkan berada dalam kondisi serius di rumah sakit di sekitar Seoul.

Sebagian besar korban tewas berusia remaja dan 20-an.

Untuk sementara, 97 korban tewas diidentifikasi sebagai perempuan dan 56 sebagai laki-laki, menurut Choi Seong-beom, kepala pemadam kebakaran setempat.

Diperkirakan 100.000 orang, banyak yang berkostum, telah berkumpul di Itaewon pada Sabtu (29/10/20200) malam ketika pencabutan jarak sosial, wajib masker dan tindakan anti-Covid lainnya membuka jalan bagi pesta Halloween pertama dalam tiga tahun.

Orang-orang yang bersuka ria melaporkan adegan kacau yang disebabkan oleh banyaknya orang di jalan-jalan sebelum kecelakaan maut itu terjadi tak lama setelah pukul 10 malam.

Banyak gang di luar jalan raya utama di daerah itu sempit dan miring.

Di salah satu jalan yang miring, yang terletak di dekat Hotel Hamilton dan lebarnya sedikit lebih dari empat meter, begitu banyak yang tewas dan terluka.

Saksi mata melaporkan melihat kerumunan orang melonjak ke arah yang berbeda dan kemudian orang-orang kehilangan pijakan di jalan miring, menyebabkan efek domino.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan orang-orang mencoba menarik orang lain keluar dari kerumunan dengan lengan mereka.

“Orang-orang terus mendorong ke gang klub yang menurun, mengakibatkan orang lain berteriak dan jatuh seperti kartu domino,” tulis seorang saksi di Twitter.

“Saya pikir saya akan dihancurkan sampai mati juga karena orang-orang terus mendorong tanpa menyadari ada orang yang jatuh di awal penyerbuan.”

Beberapa laporan media lokal mengatakan kerumunan itu terjadi setelah sejumlah besar orang bergegas menuju bar Itaewon setelah mendengar seorang selebriti berkunjung ke sana.

Moon Ju-young, 21, mengatakan ada tanda-tanda masalah yang jelas di gang-gang sebelum insiden itu.

“Itu setidaknya 10 kali lebih ramai dari biasanya,” katanya.

Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya mengatakan putrinya dan yang lainnya telah terperangkap selama lebih dari satu jam sebelum ditarik dari kerumunan hidup-hidup.

Saksi lain mengatakan kamar mayat darurat telah didirikan di sebuah gedung yang berdekatan dengan tempat kejadian.

Sekitar empat lusin mayat dibawa dengan tandu beroda dan dipindahkan ke fasilitas pemerintah untuk mengidentifikasi para korban, menurut saksi.

Presiden Yoon Suk-yeol pada hari Minggu mengumumkan keadaan berkabung nasional resmi selama pidato langsung tentang tragedi tersebut.

“Sebagai presiden, yang bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan rakyat, hati saya berat dan saya berjuang untuk mengatasi kesedihan saya,” kata Yoon.

“Pemerintah akan menetapkan periode mulai hari ini hingga kecelakaan dapat dikendalikan sebagai masa berkabung nasional dan akan menempatkan prioritas utama pada urusan administrasi dalam pemulihan dan tindakan tindak lanjut.”

Yoon menambahkan, pihak berwenang akan menyelidiki secara menyeluruh penyebab kecelakaan dan membuat perbaikan mendasar sehingga kecelakaan serupa tidak terjadi lagi di masa depan.

Yoon juga menginstruksikan kementerian terkait untuk mengadakan tinjauan keamanan mendesak dari perayaan dan festival Halloween lain yang direncanakan di mana banyak orang berkumpul.

Yoon mengunjungi lokasi tragedi itu setelah pidatonya dan kemudian pergi ke kantor-kantor pemerintah untuk mengawasi tanggapannya.

Partai-partai yang berkuasa dan oposisi mengadakan pertemuan pada hari Minggu untuk meninjau tragedu tersebut dan bagaimana tanggapan nasional.

Oh Se-hoon, walikota Seoul, mempersingkat kunjungan ke Eropa dan kembali ke kota.

Bendera di lembaga pemerintah dan gedung-gedung publik lainnya diturunkan setengah tiang di seluruh Korea Selatan pada hari Minggu.

Banyak parade Halloween, konser, dan acara lainnya dibatalkan, termasuk festival K-pop yang akan berlangsung pada hari Minggu di kota pelabuhan selatan Busan.

Toko-toko di seluruh negeri telah menurunkan pajangan dan dekorasi Halloween.

Lebih dari 400 pekerja darurat dan 140 kendaraan dari seluruh negeri, termasuk semua personel yang tersedia di Seoul, dikerahkan ke jalan-jalan Itaewon untuk merawat yang terluka.

Tayangan TV dan foto dari tempat kejadian menunjukkan kendaraan ambulans mengantri di jalan-jalan di tengah kehadiran polisi yang padat dan pekerja darurat memindahkan yang terluka dengan tandu.

Pekerja darurat dan pejalan kaki juga terlihat melakukan CPR pada orang-orang yang tergeletak di jalanan.

Dalam satu video terlihat, paramedis terlihat memeriksa status selusin orang atau lebih yang terbaring tak bergerak di bawah selimut biru.

Polisi membatasi lalu lintas di daerah terdekat untuk mempercepat transportasi korban luka ke rumah sakit di seluruh kota.

Puluhan orang diberikan CPR di jalan-jalan Itaewon.

Pemerintah metropolitan Seoul mengeluarkan pesan teks darurat yang mendesak orang-orang di daerah itu untuk segera kembali ke rumah.

Yoon mengatakan mendukung keluarga para korban, termasuk persiapan pemakaman mereka, dan perawatan yang terluka akan menjadi prioritas utama bagi pemerintahannya.

“Ini benar-benar menghancurkan,” katanya dalam pidatonya di televisi.

“Tragedi dan bencana yang tidak perlu terjadi terjadi di jantung kota Seoul di tengah [perayaan] Halloween.”

Itaewon dikenal sebagai distrik internasional di Seoul dan pangkalan militer Amerika Serikat (AS) terletak di dekatnya hingga saat ini.

Sembilan belas warga non-Korea dilaporkan termasuk di antara yang tewas, termasuk orang-orang dari China, Iran, Norwegia dan Uzbekistan.

Baca juga artikel lain terkait Tragedi Pesta Halloween di Korsel

(Tribunnews.com/Rica Agustina)

Korban Tragedi Pesta Halloween Itaewon Jadi 151 Orang, KBRI Seoul Belum Dapat Info WNI Jadi Korban

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Korban Tragedi Pesta Halloween Itaewon Jadi 151 Orang, KBRI Seoul Belum Dapat Info WNI Jadi Korban

Terungkap Fakta Gang Lokasi Tragedi Pesta Halloween Itaewon, Hanya Lebar 4 Meter, Mobil Sulit Masuk

Tragedi Pesta Halloween Itaewon di Korea Selatan, 149 Orang Tewas Berdesakan, Alami Sesak Nafas

Pesta Halloween Itaewon Berlanjut meski Banyak Korban Tewas, Ratusan Orang Joget di Depan Ambulans

Ratusan Ambulans & Lebih dari 800 Personel Layanan Darurat, Evakuasi Korban Pesta Halloween Itaewon

800 Personel Layanan Darurat Dikerahkan untuk Evakuasi Korban Pesta Halloween Itaewon

Rukka Sombolinggi Desak Pengesahan RUU Masyarakat Adat di Penutupan KMAN VI

Drone Ukraina Ditembak Jatuh Rusia, saat Ukraina Berupaya Menyerang Pelabuhan

Dewi Persik Murka Dituduh Jual Diri & Disebut Iri ke Lesti Kejora, Buat Sayembara Hadiah Rp100 Juta

Manajer Tak Bantah soal Kabar Leslar Entertainment Bubar

Tegas Pimpin Apel Kesiapsiagaan Kontijensi, Jenderal Dudung: TNI AD Harus Semakin Menunjukan Perang

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tribunnews.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo