cool hit counter

Saat Sekjen PDIP Kagumi Koleksi Buku Fachry Ali

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Perbincangan hangat yang berlangsung hampir tiga jam dengan pembahasan pokok tentang pemikiran Bung Karno tentang Islam dan isu terkini.

“Sebelum datang ke sini, tadi saya melapor ke Ibu Megawati akan berdiskusi dengan Bang Fachry. Ibu Mega menitip salam untuk Bang Fachry,” ucap Hasto kepada Fachry mengawali dialog di rumahnya yang terletak di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (31/10/2022) sore.

Selama lebih dua setengah jam Hasto berdialog dengan Fachry di sebuah ruangan yang penuh buku.

Sebagai tuan rumah di tengah diskusi yang serius meski terkadang dengan tertawa renyah, Fachry menyajikan kopi dan mie aceh kepada Hasto.

“Saya senang bisa berdialog panjang dengan Bang Fachry tentang demokrasi Indonesia, Islam dan Bung Karno,” ucap Hasto.

Fachry Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan alasan mengapa beberapa kali menulis tentang kepemimpinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri .

“Saya kagum dengan Mbak Mega terutama peran pentingnya dalam konsolidasi demokrasi, kegigihannya secara konsisten di dalam membangun Partai, dan sikap kenegarawanannya di dalam menghadapi masa-masa yang tidak mudah ketika berhadapan dengan pemerintahan Orde Baru. Namun Mbak Mega sosok negarawan yang selalu berpijak pada jalan konstitusi dan ketaatan pada hukum,” kata Fachry.

Fachry sempat menanyakan latar belakang Hasto mengambil gelar doktor Ilmu Pertahanan dengan bahasan tentang geopolitik Soekarno.

“Saya usul disertasi Mas Hasto dijadikan buku untuk dibahas di semua kalangan termasuk kalangan akademisi/kampus. Saya undang Hasto untuk memaparkannya di ruangan ini. Karena saya terkadang menggelar diskusi terbatas di ruangan ini dengan kalangan akademisi,” kata Fachry, yang juga peneliti senior LP3ES.

Atas permintaan itu, Hasto menceritakan dirinya telah memberi kuliah umum di 16 universitas sejak dirinya meraih gelar doktor.

“Saya siap diundang Bang Fachry dan teman-teman untuk membahas disertasi saya yang mengonstruksikan pemikiran geopolitik Bung Karno,” balas Hasto.

Sebelum pamit, Hasto menyerahkan sejumlah buku kepada pria asal Aceh tersebut. Sebagai balasan, Fachri mengajak pria asal Yogyakarta itu ke lantai 2 dimana terdapat sebuah perpustakaan dengan ribuan koleksi buku-buku dalam dan luar negeri.

Hasto sangat kagum dengan koleksi ribuan buku dari berbagai pemikiran yang dimiliki Fachry.“Kesemuanya menunjukkan luasnya khasanah pengetahuan Bang Fachry sebagai cendekiawan yang tidak diragukan komitmennya bagi bangsa dan negara. PDI Perjuangan pun terus mengembangkan tradisi intelektual, mengingat Bung Karno, Bung Hatta dan pendiri bangsa lainnya membangun tradisi pemimpin negarawan dan sekaligus sebagai pemimpin pembelajar yang baik,” ujar Hasto penuh apresiasi.

Dia tidak menyangka ada ribuan koleksi buku yang tersusun dengan rapi di lantai 2 itu. Padahal di ruang mereka berbincang di lantai 1 pun penuh buku juga.

“Sungguh ini perpustakaan pribadi yang luar biasa. Saya kagum,” kata Hasto sambil menjelaskan bahwa PDI Perjuangan memerlukan sosok pemikir kritis seperti Fachry.

“Terima kasih Mas Hasto telah meninjau ruang perpustakaan saya. Inilah harta kekayaan yang saya miliki,” balas Fachry sebelum melepas Hasto pergi.

6 Purnawirawan Jenderal TNI/Polri dan Legenda Tenis Yayuk Basuki Gabung ke PDIP Jelang Pemilu 2024

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

6 Purnawirawan Jenderal TNI/Polri dan Legenda Tenis Yayuk Basuki Gabung ke PDIP Jelang Pemilu 2024

Sekjen Ganjarist Curiga Ada Upaya Adu Domba saat Relawan KAMI-Ganjar Ingin Jokowi Jabat Ketum PDIP

PDIP Beri Peringatan Keras-Terakhir kepada FX Rudy karena Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Tanggapan Sekjen PDIP soal Ganjar Pranowo Siap Maju Capres 2024: Sudah Sesuai Instruksi Partai

Digeruduk Tanggapan soal Ganjar Siap Nyapres, Sekjen PDIP: Calon Saja Belum Diumumkan, Restu Nanti

Respons Megawati soal Ganjar Nyatakan Siap Jadi Capres 2024 Jika Diusung: Jangan Terburu-buru

Kecewa dengan Mundurnya Juragan 99, Aremania Minta Sosok Ini yang Hengkang dari Presiden Arema FC

Terungkap Eks Karo Paminal Hendra K Langsung Ditahan di Mako Brimob 29 Hari pasca Dipecat Tak Hormat

Digaji Rp 823 Juta dengan Pekerjaan Melihat Pemandangan Indah Tapi Sedikit yang Melamar, Kenapa?

Terungkap Isi Chat WA Ayah Angelina Sondakh ke Teman Dekat, Bak Jadi Firasat Sebelum Meninggal Dunia

ART Ferdy Sambo Gelagapan Dicecar Hakim soal Anak Terakhir Putri, Disebut Beri Jawaban Bohong

Somalia Tuduh Kelompok Al-Shabaab Teror hingga Dalangi 2 Bom Mobil yang Tewaskan 100 Orang

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tribunnews.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo