cool hit counter

Dua Tahun Meluncur, PS5 Sudah Ada Jailbreak-nya

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Sony meluncurkan konsol Sony PlayStation 5 (PS5) pada November 2020 lalu. Setelah sekitar dua tahun berada di pasaran, metode jailbreak perdana PS5 kini tersebar di dunia maya.

Sederhananya, jailbreak adalah teknik yang biasa digunakan oleh orang yang getol memodifikasi perangkat (modder) untuk membobol sistem atau software perangkat.

Apabila metode jailbreak sukses, maka perangkat, dalam hal ini PS5 akan bisa diotak-atik lebih lanjut dan dipasangi berbagai software atau game ilegal.

Nah, teknik jailbreak perdana PS5 ini pertama kali dibagikan oleh seorang modder konsol di Twitter yang memiliki akun dengan handle @SpecterDev.

Dalam sebuah postingan, SpecterDev mengatakan bahwa metode jailbreak dengan nama “Cryptogenic/PS5-4.03-Kernel-Exploit” ini memungkinkan pengguna memasang game secara mandiri, tidak melalui toko resmi PlayStation Store.

Salah satunya adalah game PS4 buatan Hideo Kojima yang bernama P.T., yang merupakan teaser untuk game terbaru dari seri horor populer Silent Hill yang tak kunjung dirilis ke publik.

Seperti diketahui, selain melalui game fisik (disc), pengguna PS5 memang wajib memasang game dari PlayStation Store apabila mereka ingin memainkan versi digital dari sebuah game PS5.

Bisa dipasang tapi tak bisa dimainkan

Terkait teknik jailbreak perdana tadi, seorang pengguna Twitter bernama Lance McDonald (@manfightdragon) langsung mengumbar proses jailbreak dan pemasangan game P.T. di PS5 miliknya.

Proses jailbreak tampaknya berjalan dengan mulus dan pemasangan game terbilang cukup lancar. Namun setelah dipasang, game tersebut ternyata tidak bisa dijalankan.

Meski game itu tidak bisa dijalankan, metode jailbreak yang dibagikan SpecterDev tadi setidaknya membuktikan bahwa sistem konsol PS5 memang bisa dibobol layaknya seperti konsol generasi sebelumnya macam PS4.

Namun untuk saat ini, pengguna yang melakukan jailbreak tampaknya hanya bisa memasang beragam software ke dalam sistem PS5 mereka saja.

Ke depannya, pengguna mungkin bisa saja memasang sekaligus memainkan software atau game tersebut tanpa harus berkunjung ke PlayStation Store, tentunya apabila metode jailbreak ini terus berkembang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN, Rabu (5/10/2022), metode jailbreak ini bisa dilakukan oleh semua orang, dan disebut hanya bisa dijalankan di PS5 yang memiliki firmware dengan versi 4.03.

Pantauan KompasTekno di situs web PlayStation.com, firmware terbaru PS5 saat ini adalah versi 6.00, sehingga ada kemungkinan metode jailbreak yang disebutkan di atas tidak bisa dilakukan di PS5 dengan firmware versi teranyar.

Biasanya, metode jailbreak sendiri akan membuat garansi perangkat hangus, dan berpotensi membuat PS5 rusak. Artinya, apabila Anda ingin mencoba teknik jailbreak ini, silakan tanggung risikonya sendiri.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo