cool hit counter

Hands-on EZVIZ C6: Smart AI Camera dengan Resolusi 2K+

Shopee Promo

kobexielite.com/ – EZVIZ punya banyak varian pada perangkat IP Smart Camera atau kamera IP besutannya, dan salah satu seri yang cukup menarik coba dihadirkan melalui EZVIZ C6.

Berbasis AI, EZVIZ C6 bisa jadi solusi bagi para orang tua dalam memantau putra putri-nya, atau memudahkan para pemilik hewan peliharaan dalam mengawasi binatang kesayangannya. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memantau berbagai ruangan untuk alasan keamanan ataupun lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh fitur-fitur unggulannya, berikut ulasan singkatnya:

Unboxing

Paket penjualannya berbentuk kotak persegi berukuran besar dengan dominasi warna putih. Selain unit IP Smart Camera, didalamnya terdapat kelengkapan lain yang terdiri dari adaptor 10 watt, kabel USB dengan panjang sekitar 5 meter, stiker drill template, screw kit (tiga mur), base atau landasan, manual book dan kartu garansi.

Desain

EZVIZ C6 memiliki bentuk bulat yang mengusung desain orb-shaped. Dimensinya terbilang kecil seukuran genggaman tangan orang dewasa. Dimensi ini membuatnya mudah dibawa dan gampang diletakkan di mana saja. Bagian bawahnya bisa dipasang dengan base atau landasan agar posisinya bisa terpasang dengan mantap pada berbagai kondisi, mulai dari meja, tembok, hingga langit-langit.

Sisi depannya terdapat lensa 4 mm dengan aperture besar yaitu f/1.6 sehingga mampu menangkap cahaya lebih meski dalam kondisi gelap. Lensanya juga memiliki sensor berukuran 1/3 inci dan mendukung perekaman video hingga resolusi 2K+ atau 2560 × 1440 piksel dengan frame rate maksimal 20 fps.

Dengan resolusi 2K+ (2560 × 1440p), Smart AI Camera EZVIZ C6 mampu merekam video berkualitas tinggi dengan hasil video yang lebih detail dan jelas, terutama di siang hari. Selain itu, komposisi warna dari hasil video dan foto terlihat lebih serasi.

Untuk bagian belakang kepalanya terdapat speaker. Bergeser agak kebawah terdapat dua konektivitas yang terdiri dari port ethernet serta micro USB. Smart AI Camera EZVIZ C6 mendukung konektivitas wireless dan jaringan internet. Anda juga dapat menghubungkan kamera pada frekuensi band 2.4 GHz atau 5 GHz untuk memastikan sinyal Wi-Fi yang stabil.

Jika Anda geser lensa kamera ke atas, maka akan menjumpai slot micro SD serta tombol reset. Kartu micro SD untuk menyimpan data secara lokal mendukung hingga kapasitas 256 GB. Selain micro SD, mendukung pula penyimpanan secara cloud dari layanan milik EZVIZ.

Instalasi

EZVIZ merancang agar proses pemasangannya mudah karena sudah disertai dengan panduan pada buku manual ataupun melalui aplikasi EZVIZ. Aplikasi EZVIZ sendiri tersedia di Google Play Store dan App Store untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Perangkat ini juga menggunakan asisten suara untuk memandu proses pemasangan maupun notifikasi.

Untuk lebih jelas, berikut cara instalasinya:

• Letakkan EZVIZ C6 Smart AI Camera di tempat atau ruangan atau sudut sesuai dengan yang ingin diawasi. Bisa diletakkan di meja atau digantung di sudut ruangan. Jika ingin digantung disertakan pula striker, mounting dan skrup yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Jika ingin diletakkan di meja tidak perlu menggunakan mounting, cukup diletakkan saja di meja.• Pasang adapter dan sambungkan ke sumber listrik. Setelah itu, pastikan hingga lampu indikator kamera berwarna biru.• Selanjutnya download aplikasi EZVIZ di Google Play Store dan App Store untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Lanjutkan dengan membuat akun dan verifikasi diri.• Kemudian klik icon + pada aplikasi EZVIZ untuk menambahkan perangkat.• Lalu pilih kamera, dan scan barcode yang terdapat di bagian bawah body EZVIZ C6 Smart AI Camera.• Selanjutnya hubungkan dengan koneksi WiFi.• Kemudian pilih tempat yang diinginkan untuk meletakkan EZVIZ C6 Smart AI Camera.• Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa menggunakan EZVIZ C6 Smart AI Camera.• Selanjutnya untuk pengaturan lebih lanjut, Anda bisa mengaturnya melalui aplikasi EZVIZ di smartphone.

Fitur

EZVIZ C6 dilengkapi dengan fitur pan & tilt. Menggunakan aplikasi EZVIZ, Anda bisa menggerakkan kamera tersebut secara horisontal (pan) hingga 353 derajat dan vertikal (tilt) hingga 133 derajat.

Punya resolusi 2K+ yang cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan tampilan gambar yang lebih tajam. Apalagi dengan fitur Auto-Zoom Tracking yang dapat memperbesar gambar hingga 4 kali mengikuti objek bergerak secara otomatis, kamera tetap mampu menangkap gambar dengan jelas.

Begitu pula saat menangkap gambar dalam kondisi gelap, kameranya dilengkapi dengan fitur Color night vision dengan lensa starlight.

Kamera IP ini juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi objek manusia dan hewan peliharaan melalui teknologi berbasis AI. Dengan teknologi AI-Powered Human & Pet Detection ini, secara otomatis EZVIZ C6 bisa membedakan mana benda bergerak seperti hewan peliharaan dan anak-anak serta benda tidak bergerak. Fitur ini bekerja dengan mendeteksi gerakan pada hewan peliharaan atau anak-anak, kemudian baru bisa membedakan benda dan makhluk hidup.

Selain mendeteksi gambar, EZVIZ C6 juga memiliki fitur Voice Activity Detection yang dapat mendeteksi berbagai suara. Hebatnya lagi, dengan fitur 10-Meter Sound Pick-Up kamera IP ini dapat menangkap suara hingga jarak 10 meter.

EZVIZ C6 juga bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah. Dengan fitur noise-cancelling dual-mic setup, suara akan terdengar lebih jelas karena mampu meredam suara bising di sekitar.

Aplikasi EZVIZ sendiri juga memiliki banyak fitur dan pengaturan, diantaranya notifikasi saat mendeteksi pergerakan, atau fitur Waving-Hand Recognition & Control yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video melalui aplikasi tersebut. Tentunya fitur Waving-Hand Recognition & Control ini sangat membantu keluarga pengguna yang kurang update tentang teknologi dan tidak menggunakan smartphone, misalnya anak-anak dan orang manula.

Harga

EZVIZ C6 dapat dibeli secara online di EZVIZ Official Store Tokopedia, Shopee, atau EZVIZ Store terdekat dengan harga Rp1.249.000. Untuk informasi lebih lanjut tentang EZVIZ C6 bisa dilihat di situs resmi EZVIZ , follow @ezviz.idn di Instagram, atau buka halaman Facebook EZVIZ.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo