cool hit counter

Intel Luncurkan Puluhan CPU Alder Lake Gen 12 Baru untuk Desktop dan Mobile

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Intel kembali menambah sejumlah prosesor (CPU) baru yang termasuk dalam keluarga prosesor Intel Core generasi ke-12, alias Intel “Alder Lake”.

Aneka CPU terbaru ini terbagi dalam dua kategori pasar, yaitu prosesor desktop dan prosesor mobile (laptop).

Untuk segmen desktop, ada 22 prosesor baru yang dihadirkan Intel dari berbagai tipe, mulai dari Intel Celeron, Pentium, Core i3, Core i5, Core i7, hingga Core i9.

CPU Intel Core i9, alias model teratas dari tipe prosesor lainnya, dibekali dengan 16 inti prosesor (cores) yang terdiri dari 8 Performance Cores (P-cores) untuk menunjang kinerja berat dan 8 inti Efficiency Cores (E-cores) untuk menghemat daya.

Untuk prosesor lainnya, CPU Intel Core i7 memiliki konfigurasi 12 inti (8 P-cores + 4 E-cores), sementara Intel Core i5 terbaru dibekali hanya dengan 6 P-cores.

Adapun prosesor Intel Core i3, Pentium, dan Celeron juga hanya dibekali dengan inti yang digunakan untuk performa saja, yang masing-masing terdiri dari 4 P-cores untuk Intel Core i3, dan 2 P-cores untuk Intel Pentium dan Celeron.

Meski konfigurasi dan jumlah intinya berbeda, seluruh prosesor ini sudah mendukung jenis RAM DDR5-4800 dan DDR4-3200, serta kompak memiliki 16 PCIe 5.0 lanes dan 4 PCIe 4.0 lanes.

Nama-nama CPU desktop terbaru tersebut secara lengkap, begitu juga kemampuan intinya, bisa disimak dalam tabel berikut.

Prosesor laptop Intel Core Alder Lake terbaru

Selain prosesor desktop, Intel juga memperkenalkan 8 CPU Intel Alder Lake terbarunya yang terdiri dari model Intel Core i9, i7, dan i5.

Selruuh tipe prosesor laptop ini memiliki konfigurasi P-Cores dan E-Cores, begitu juga jumlah Threads (T) yang bervariasi.

Dari 8 prosesor laptop Intel Core generasi ke-12 ini, Intel Core i9-12900HK merupakan paling mumpuni. Sebab, prosesor tersebut merupakan prosesor laptop Intel Alder Lake satu-satunya yang dibekali dengan kemampuan overclock.

Konon, berbagai prosesor laptop terbaru ini bakal membekali sejumlah laptop yang bakal dirilis aneka vendor laptop dalam beberapa minggu ke depan.

Selengkapnya, berikut daftar kemampuan prosesor laptop terbaru yang masuk dalam keluarga Intel Alder Lake, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Rabu (5/1/2022).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo