cool hit counter

Intel Umumkan Harga GPU Arc A770, Kapan Bisa Dibeli?

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Setelah lama dinanti, Intel akhirnya bakal merilis kartu pengolah grafis (GPU) desktop pertamanya dari seri Intel Arc ke pasaran dalam waktu dekat.

Hal ini diumumkan Intel dalam sebuah acara bernama “Intel Innovation” peka ini, yang digunakan pula untuk mengumumkan jajaran prosesor (CPU) Intel Core Geerasi ke-13.

Adapun model GPU pertama Intel yang akan dirilis adalah GPU high-end Intel Arc A770, dan bakal tersedia secara global mulai 12 Oktober 2022.

Secara spesifikasi, Intel Arc A770 dirancang menggunakan arsitektur Arc 7 GPU dan hadir dalam dua varian, yaitu varian dengan video memory (VRAM) 8 GB dan 16 GB.

Kedua varian GPU Intel Arc A770 ini memiliki kemampuan serupa. Perbedaan hanya terletak di besar memory bandwidth yang diusung, yaitu 512 GB/s untuk varian 8 GB dan 560 GB/s untuk varian 16 GB.

Terlepas dari itu, spesifikasi lainnya sama persis. Intel Arc A770 dibekali dengan 32 unit “Xe Cores” dan 32 Ray Tracing Units yang memiliki kecepatan clock hingga 2.100 MHz. GPU ini memiliki konsumsi daya dengan TDP 225 watt.

Untuk pemrosesan grafis, Intel Arc A770 juga dibekali dengan teknologi Intel XeSS. Teknologi ini memungkinkan gambar yang diproses GPU ditampilkan sebagus dan senyata mungkin menggunakan teknologi rekonstruksi AI super sampling.

Jika dibayangkan, teknologi ini mirip dengan teknologi FidelityFX Super Resolution (FSR) milik AMD, serta Deep Learning Super Sampling (DLSS) milik Nvidia.

Dalam pengujian (benchmark) performa, Intel menyandingkan Intel Arc A770 dengan kartu grafis kompetitor Nvidia GeForce RTX 3060.

Di mayoritas game papan atas alias “AAA” yang dijalankan di pengaturan grafis 1080p dengan fitur pencahayaan mumpuni, alias Ray Tracing menyala, Intel mengeklaim Arc A770 lebih tangguh dibanding RTX 3060.

Pada game Cyberpunk 2077 dan Watch Dogs: Legion, misalnya, Intel mengeklaim GPU terbarunya ini mampu menjalankan game tersebut sekitar 1,1 lipat lebih cepat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN.com, Kamis (29/9/2022).

Harga Intel Arc A770 dan ketersediaan

Lantas, bagaimana harganya? Intel Arc A770 dibanderol dengan harga termurah 329 dolar AS (sekitar Rp 5 juta).

Harga ini mungkin berlaku bagi Intel Arc A770 varian VRAM 8 GB, lantaran Intel belum mengumbar harga varian Intel Arc A770 versi 16 GB yang sedikit lebih mumpuni dari versi 8 GB.

Nah, apabila dibandingkan dengan kompetitornya, harga ini sama dengan banderol RTX 3060 pada Januari 2021 lalu yang dipatok di angka 329 dolar AS.

Dengan harga yang sama namun performa yang sedikit lebih mumpuni, Intel mengeklaim Arc A770 merupakan alternatif bagi para gamer masa kini yang menginginkan GPU desktop terjangkau.

Untuk ketersediaan, seperti disebutkan di atas, kartu grafis terbaru Intel ini bakal dirilis pada 12 Oktober 2022 mendatang.

Selain Intel Arc A770, Intel juga berencana merilis sejumlah GPU desktop lainnya yaitu Intel Arc A380, A3580, dan A750. Harga dan ketersediaan ketiga kartu grafis ini konon bakal diumumkan Intel dalam beberapa waktu ke depan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo