cool hit counter

iPhone atau Macbook Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Kehilangan gadget seperti ponsel dan laptop mungkin bakal bisa membuat pusing, apalagi hilangnya karena dicuri. Untuk menghindari kerugian gadget hilang, beberapa vendor telah mengantisipasinya dengan fitur keamanan khusus, termasuk Apple.

Raksasa teknologi asal Cupertino itu membekali iPhone dan Macbook dengan fitur Find My. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa meminimalisir kerugian saat iPhone atau Macbook hilang.

Find My mungkin tak asing lagi bagi pengguna yang ingin mencari iPhone hilang. Namun bagaimana bila Macbook hilang? Apakah Macbook hilang bisa dilacak juga dengan Find My?

Dengan Find My, pengguna bisa mencari atau melacak keberadaan iPhone, sekaligus Macbook yang hilang lantaran dicuri. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengunci dan menghapus data-data yang tersimpan di iPhone atau Macbook lewat Find My.

Kendati mungkin telah dibekali fitur Find My, bagi sebagian pengguna mungkin masih bingung dalam mengoperasikannya. Ini mungkin terjadi karena pengguna perlu untuk memastikan pengaturan Find My telah aktif sebelumnya di iPhone atau Macbook.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika iPhone hilang, begitu pula dengan Macbook? Dikutip dari laman resmi Apple, setidaknya terdapat tiga langkah yang wajib dilakukan bila iPhone atau macbook miliknya hilang.

Adapun langkah tersebut adalah melacak perangkat, mengunci perangkat, dan menghapus perangkat. Perlu diketahui, semua langkah tersebut hanya dimungkinkan bila pengguna telah mengaktifkan fitur Find My di iPhone atau Macbook sebelum perangkat hilang.

Umumnya, fitur Find My secara default bakal otomatis aktif bila pengguna telah memasukkan Apple ID di iPhone atau Macbook. Dengan demikian, dalam melacak iPhone atau Macbook yang hilang, penting untuk memiliki Apple ID.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut KompasTekno rangkumkan cara melacak iPhone atau Macbook.

Cara melacak iPhone yang hilang

    Buka situs https://www.icloud.com/

    Masukkan Apple ID yang digunakan untuk login akun pengguna pada iPhone hilang tersebut

    Pilih aplikasi “Lacak” atau “Find My”

    Kemudian pilih perangkat iPhone yang hilang, setelah itu bakal muncul peta dengan lokasi terakhir dari keberadaan perangkat tersebut

    Apabila iPhone Anda dalam keadaan offline maka ikon bulat penanda lokasi terakhir iPhone akan berwarna abu-abu

    Jika iPhone online maka ikon tersebut akan berwarna hijau

    Pilih opsi “Putar Bunyi” agar iPhone berdering secara otomatis

    Pilih opsi “Mode Hilang” untuk mengunci layar iPhone dari jarak jauh

    Piih opsi “Hapus iPhone” untuk menghapus seluruh data di iPhone yang hilangLihat FotoIlustrasi cara melacak iPhone yang hilang(/Zulfikar)

    Ketiga opsi tersebut hanya bisa berjalan saat iPhone dalam kondisi online atau terhubung sinyal internet

    Ketika iPhone hilang dalam kondisi offline lalu terhubung sinyal internet maka pengaturan dari tiga opsi tersebut bakal langsung otomatis diterapkan

    Selain itu, ada baiknya untuk menghubungi operator seluler untuk memblokir nomor telepon yang tengah dipakai saat iPhone hilang, supaya tidak disalahgunakan.

Cara melacak Macbook yang hilang

    Buka situs https://www.icloud.com/

    Masukkan Apple ID yang digunakan untuk login akun pengguna pada Macbook hilang tersebut

    Pilih aplikasi “Lacak” atau “Find My”

    Kemudian pilih perangkat Macbook yang hilang, setelah itu bakal muncul peta dengan lokasi terakhir dari keberadaan perangkat tersebut

    Pilih opsi “Putar Bunyi” agar Macbook berdering secara otomatis

    Pilih opsi “Mode Hilang” untuk mengunci layar Macbook dari jarak jauh

    Piih opsi “Hapus Macbook” untuk menghapus seluruh data di Macbook yang hilangLihat FotoIlustrasi cara melacak Macbook yang hilang(Apple.com)

    Supaya bisa menerapkan opsi tersebut, Macbook hilang juga harus terhubung dengan koneksi internet.

Demikian informasi seputar langkah apa yang harus dilakukan jika iPhone hilang, pun demikian dengan Macbook, semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo