cool hit counter

Komputer AMD Ryzen Lambat di Windows 11, Tunggu “Obatnya” 19 Oktober

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Belum lama ini, komputer dengan prosesor AMD Ryzen yang menjalankan Windows 11 dilaporkan mengalami penurunan kinerja hingga mencapai 15 persen.

Penurunan kinerja itu dipicu oleh dua persoalan, yaitu latency cache level-3 (L3) dan UEFI CPPC2. Namun kabar baiknya, dua persoalan itu dilaporkan sudah berhasil diatasi oleh Mircosoft dan update perbaikannya sudah siap digelontorkan ke pengguna.

Menurut laporan outlet media WCCFTech, AMD akan mendistribusikan update software untuk mengatasi dua persoalan tadi dalam dua tahap.

Pertama, update untuk masalah latency cache level-3 (L3) ditargetkan akan digelontorkan melalui Windows Update pada 19 Oktober mendatang.

Sementara untuk persoalan UEFI CPPC2, update perbaikannya sedang dalam proses rilis dan ditargetkan tersedia untuk umum pada 21 Oktober.

“Jika update perbaikan UEFI CPPC2 diperlukan sebelum jadwal ketersediaan umum, AMD dapat membagikannya secara langsung ke pelanggan berdasarkan permintaan,” tulis AMD, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WCCFTech, Rabu (13/10/2021).

Dua persoalan yang bikin lemot

Dalam sebuah posting laman support di situs web resminya, AMD menyebutkan komputer AMD Ryzen yang menjalankan Windows 11 mengalami penurunan kinerja karena dua hal.

Pertama, karena latency cache level-3 (L3) di prosesor yang meningkat hingga tiga kali lebih lama dibanding biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11. Efeknya, menurut AMD, kinerja saat menjalankan aplikasi menurun antara 3 hingga 5 persen.

Dampak masalah ini lebih kentara saat komputer menjalankan game. AMD mengatakan penurunan kinerja bisa mencapai 10-15 persen di game e-sports.

Permasalahan kedua berkaitan dengan sistem pemilihan inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core). Dampaknya, performa aplikasi yang sensitif terhadap kinerja atau beberapa thread CPU bisa ikut terpengaruh.

Problem kedua ini lebih spesifik ditemukan di prosesor dengan jumlah core CPU lebih dari 8 buah dan TDP di atas 65 watt.

Komputer AMD yang terdampak

Prosesor AMD yang kemungkinan terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlon.

Selain itu, CPU AMD Epyc untuk komputer data center, serta sejumlah CPU seri Athlon terbaru juga turut terdampak, sebagaimana dirangkum dari Tom’s Hardware. Daftar lengkapnya bisa disimak di tautan ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo