cool hit counter

Hands-on realme 9i: 2 Jutaan dengan Snapdragon 680 dan 33W DartCharge

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Setelah realme 9 4G lebih dulu meluncur pada bulan April lalu, realme kembali menghadirkan varian lain melalui realme 9i. Perbedaan penambahaan huruf i tersebut menandakan bahwa ini merupakan seri yang memiliki kasta di bawah realme 9 4G.

Tidak heran jika melihat spesifikasinya, realme 9i sedikit lebih minimalis. Namun tenang saja, perbedaannya tidak banyak sehingga bisa dibilang antara realme 9 dan realme 9i menawarkan daya tarik yang masih sama.

Unboxing

Kotak penjualannya masih memiliki aura yang sama dengan seri sebelumnya yaitu dengan dominasi warna kuning. Didalamnya terdapat beberapa kelengkapan pendukung seperti unit realme 9i, kabel data, adaptor 33 watt, SIM ejector, petunjuk penggunaan, kartu garansi, dan tidak ketinggalan soft case transparan berbahan silicon.

Desain

Tampilan visual bodi belakangnya agak sedikit beda dengan realme 9 yang polos. Pada realme 9i bodi belakangnya mengusung desain yang disebut dengan Stereo Prism Design. Desain ini terinspirasi oleh interaksi antara cahaya dan prisma. Disebutkan bahwa desainnya terdiri dari hingga 3000 garis yang presisi untuk membentuk tekstur prisma tiga dimensi sehingga memberikan efek cahaya dan bayangan yang dinamis saat terkena cahaya. Pilihan warna yang tersedia yaitu Prism Blue dan Prism Black.

Meterialnya sendiri menggunakan bahan polikarbonat yang mengadopsi pemesinan presisi CNC 5-axis dimana setiap pemesinan membutuhkan waktu 96 jam. Lapisan ini memang masih meninggalkan sedikit bercak jari ataupun tangan, oleh karena itu realme menyertakan jelly case pada paket penjualannya.

Bagian belakang agak ke sisi kiri atas, terdapat frame kamera yang memiliki lapisan kaca doff yang membuatnya terkesan lebih elegan. Bentuk dan posisinya mirip dengan realme 9 dimana terdapat dua lensa besar dan satu lensa kecil di sebelahnya. Sementara di dekatnya ada satu lampu flash dan terdapat tulisan Matrix AI Camera.

Untuk operasional, realme menempatkan tombol Power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari di sisi kkanan, sementara tombol Volume ada di sisi kiri bersebelahan dengan slot kartu. Slot tersebut mendukung hingga penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB. Untuk sisi bawahnya terdapat port audio 3.5mm, mikrofon, port USB type-C, dan speaker.

Layar

Layar jadi pembeda dengan realme 9. Pada realme 9i spesifikasinya sedikit diturunkan. Jika realme 9 menggunakan panel Super AMOLED, maka realme 9i menggunakan IPS. Ukuran layar realme 9i sedikit lebih besar yaitu 6,6 inci. Sementara refresh rate-nya masih sama yaitu hingga 90Hz dengan resolusi 1080 x 2412 pixels. Rasio layarnya sekitar 90,8% dengan touch sampling rate 180Hz.

Kamera

Kamera belakang juga jadi pembeda dengan realme 9. Kali ini realme 9i menyematkan tiga kamera belakang dengan resolusi masing-masing 50 MP untuk kamera utama dengan bukaan besar yaitu f/1.8, kamera ultra macro 2 MP untuk menangkap gambar pada jarak 4cm, dan kamera portrait B&W 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Untuk kamera depan, pada sisi atas layar terdapat kamera selfie dengan resolusi 16 MP yang juga bisa dimanfaatkan sebagai sensor pengenal wajah (face recogniton).

Spesifikasi

System on chip yang digunakan sama dengan realme 9 yaitu Snapdragon 680. Ini merupakan prosesor 6nm pertama di kelasnya dan jika dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 662 generasi terakhir, Snapdragon 680 memiliki peningkatan 25% dalam performa CPU sehingga menjalankan aplikasi lebih lancar, membuka aplikasi lebih cepat, dan pemuatan halaman lebih cepat.

Prosesor 6nm juga mengkonsumsi daya 62% lebih sedikit dan memberikan performa 46% lebih banyak jika dibandingkan dengan prosesor berarsitektur 12nm. Selain itu, efisiensi dayanya menyebabkan kenaikan suhu yang relatif lebih rendah dan frame rate yang lebih stabil.

Untuk spesifikasi lainnya, realme 9i hadir dengan konfigurasi 4 GB/64 GB dan 6 GB/128 GB.

Di sektor baterai juga masih sama dengan kapasitas 5000mAh yang bisa digunakan mendengar musik hingga 116,3 jam, telepon 48,4 jam, atau bermain game hingga 8,3 jam.

realme 9i juga sudah dibekali fast charging 33W Dart Charge dan jadi yang pertama di kelas harganya realme. Dengan kemampuan 33W DartCharge, realme 9i mampu diisi daya baterainya dari kondisi kosong hingga penuh 100% hanya dalam waktu 70 menit.

Fitur

realme 9i membawa software realme UI v2.0 berbasis Android 11. Tidak ketinggalan dilengkapi dengan fitur RAM Expansion yang bisa menambahkan hingga 3 GB.

Dari segi audio sudah dilengkapi dengan dual speaker stereo yang mendukung sertifikasi ganda Hi-Res. Posisinya terletak di bagian atas dan bawah smartphone untuk mendapatkan kualitas suara stereo yang lebih wide dan lebih keren.

Untuk daya tahan, realme 9i relame telah diuji di realme lab untuk durabilitasnya dengan ketahanan tes tombol hingga 300.000 kali, tes sidik jari hingga 500.000 kali, tes tombol suara 150.000 kali, tes cabut colok USB 20.000 kali, tes cabut colok headphone jack hingga 10.000 kali. Begitu pula dengan ketahanan pada suhu lembab dengan temperature tinggi selama 14 hari.

Sayangnya, smartphone ini masih tidak menyertakan fitur NFC (Near Field Communication), mirip dengan realme 9.

Harga

Sebagai smartphone kelas menengah, realme 9i dengan varian 4 GB/64 GB dibanderol dengan harga Rp2.699.000. Dan untuk varian 6 GB/128 GB seharga Rp2.999.000.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo