cool hit counter

Hands-on Samsung Galaxy A72: Mid-range yang Asik diajak Basah-basahan

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Bersamaan dengan Galaxy A52 dan Galaxy A52 5G, Galaxy A72 diluncurkan secara global 17 Maret 2021 lalu. Dan untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy A72 meluncur bersamaan dengan seri A lainnya yaitu Galaxy A52, Galaxy A52 5G, dan Galaxy A32. Dari penamaan serinya bisa ditebak bahwa Galaxy A72 ini memiliki spesifikasi paing tinggi.

Sebagai seri yang paling tinggi, Galaxy A72 memiliki beberapa fitur yang lebih unggul. Diantaranya ukuran layar serta kapasitas baterai yang lebih besar. Selain itu, Galaxy A72 yang memiliki empat kamera di belakang, salah satunya merupakan lensa telephoto dengan resolusi 8 MP. Lensa ini memiliki kemampuan zoom optic 3x dan zoom digital hingga 30x. Ini tidak dimiliki oleh Galaxy A52.

Di dalam kotak penjualannya, selain unit Galaxy A72, kelengkapan lainnya terdiri dari panduan pengguna (quick start guide), SIM Card ejector, charging cable USB Type-C, serta kepala charger 25W. Selain mendapatkan produk dan rangkaian pendukungnya, konsumen juga turut mendukung visi Samsung yang mengedepankan Sustainable Packaging yang ramah lingkungan, dimana kotak penjualan Galaxy 72 menggunakan bahan pulp mold dan kertas dengan material berbahan PEFC1, SFI2 dan FSC3.

Pada unitnya sendiri, Galaxy A72 hadir dalam empat pilihan warna yaitu Awesome Black, Awesome Violet, Awesome White, Awesome Blue, dan unit yang kami coba memiliki warna Awesome Black di bagian belakangnya. Smartphone ini hadir dengan desain premium minimalis berbahan plastik dengan lapisan matte agak kesat.

Lapisan ini memang masih akan meninggalkan sidik jari atau bercak tangan namun tidak separah jika menggunakan lapisan glossy. Jadi menurut kami ini lebih baik dan tetap asik digunakan meski tidak menggunakan case. Galaxy A72 ini bahkan sekilas mirip dengan desain Galaxy S21 yang punya bentuk cenderung kotak. Untuk bobotnya yang sekitar 203 gram memang agak sedikit berat, namun kami malah merasa ini membuatnya jadi lebih terasa premium. Bobot ini memang sedikit banyak dipengaruhi oleh baterai berkapasitas 500 mAh.

Pada bagian belakang terdapat kamera belakang berjumlah empat lensa yang terletak dalam satu modul di pojok kiri atas. Terdapat pula satu lampu flash disebelahnya. Untuk tampilan, tiga lensa berukuran besar sementara satu lensa yaitu macro 5 MP berukuran kecil yang posisinya berdekatan dengan lampu kilat.

Galaxy A72 sudah menyertakan fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital secara nirkabel ataupun melakukan topup atau isi saldo kartu e-money atau flazz. Caranya cukup dengan mengaktifkan fitur NFC dan pasang aplikasi perbankan yang tersedia di Play Store. Kemudian tempelkan kartu e-money ke bagian belakang smartphone pada posisi yang tepat sampai aplikasi mendeteksi adanya kartu tersebut.

Fitur menarik lainnya yaitu sudah anti air dan debu dengan mendapatkan sertifikasi IP67. Galaxy A72 memang bukan smartphone pertama yang mendapatkan sertifikasi IP67, namun sertifikasi ini merupakan salah satu fitur penting yang biasanya ada di smartphone kelas flagship. Samsung mengklaim bahwa Galaxy A72 tahan air hingga 1 meter selama 30 menit.

Untuk tombol fisik, di sisi kanan terdapat tombol volume up dan volume down, serta tombol Power. Di sisi atas terdapat slot kartu yang berisi kompartemen untuk menempatkan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD. Di sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang mic, port USB type-C, dan speaker. Galaxy A72 memiliki dua speaker dimana speaker satunya terletak di sisi atas.

Pada bagian layar, Galaxy A72 sudah menggunakan panel Super AMOLED yang selain menampilkan gambar dan warna lebih tajam dan cerah. Tidak ketinggalan, panel ini sudah mendukung penggunaan sensor fingerprint. Secara diagonal layarnya berukuran 6,7 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixel. Dengan refresh rate 90Hz, layarnya cukup mulus untuk scrolling dan main game. Sementara tingkat kecerahan yang mencapai 800 nits, cukup terang untuk penggunaan di luar ruangan.

Untuk spesifikasinya dipersenjatai dengan chip Snapdragon 720G octa-core dengan manufaktur 8nm, chip GPU Adreno 618, kapasitas RAM 8 GB dan pilihan internal memori 128 GB dan 256 GB. Untuk baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh dan sudah mendukung fitur pengisian daya cepat dengan disertakannya adaptor 25 watt. Galaxy A72 menggunakan sistem operasi Android 11 dengan tampilan antarmuka yang sama dengan varian Galaxy lainnya yaitu One UI namun versi terbaru yaitu 3.0.

Samsung Galaxy A72 secara resmi dibanderol seharga Rp5.999.000 untuk versi 8 GB/128 GB dan Rp6.399.000 untuk versi 8 GB/256 GB.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo