cool hit counter

Hands-on Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G: Tablet Premium Super Besar

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Buat yang galau ingin menggunakan laptop atau tablet, Samsung memberikan pilihan menarik dengan dihadirkannya Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G.

Sebagai varian paling tinggi dari Galaxy Tab 8 series lain yang meluncur bersamaan di tanah air, tablet ini hadir dengan layar berukuran paling besar serta spesifikasi paling powerful diantara seri lainnya.

Dan pastinya dari sisi harga pun jadi yang paling tinggi. Dengan banderol harga Rp19.999.000, tablet ini menawarkan fleksibilitas tablet yang juga bisa difungsikan sebagai laptop berbasis Android.

Kami sendiri sempat memegang unit penjualan dari Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G. Di dalam paket penjualan standarnya terdiri dari unit Galaxy Tab S8 Ultra 5G, satu stylus S Pen, kabel USB type-C to type-C, SIM card ejector, dan manual. Ya, didalamnya tidak terdapat kepala charger yang artinya Anda mesti membelinya secara terpisah.

Untuk unit tabletnya sendiri memiliki bagian belakang dengan warna Graphite. Perlu diketahui bahwa Samsung memang hanya menyediakan satu varian warna saja untuk tablet ini. Secara desain, ukuran besarnya terasa premium dengan ketebalan yang hanya 5,5 mm saja.

Ukuran ini bisa dibilang lebih tipis dibanding kebanyakan smartphone saat ini yang memiliki tebal di kisaran 6 sampai 8 mm. Bobotnya sendiri yaitu 728 gram yang masih cukup ringan dipegang dengan satu tangan.

Bodinya terlihat datar dengan tiap sudut melengkung yang diklaim memiliki daya tahan baik. Samsung menyebutkan bahwa bodi belakangnya ini menggunakan material Armor Aluminium yang diklaim 40% tidak mudah ditekuk dan 30% lebih tahan goresan dibandingkan pendahulunya.

Masih di bagian belakang, sisi pojok terdapat dua kamera yang masing-masing punya resolusi 13 MP dan 6 MP serta satu lampu kilat. Posisinya dibuat vertikal yang menyatu dengan garis tebal panjang. Garis ini ternyata memiliki fungsi tidak hanya sebagai tempat stylus saja, tapi juga untuk melakukan pengisian baterai. Area tersebut secara khusus memiliki lapisan magnet sehingga pengguna tinggal meletakkannya dan stylus akan menempel.

Saat diposisikan ke mode landscape, bagian bawah terdapat semacam pin berbahan magnet untuk merekatkan dengan aksesori tambahan yaitu Book Cover Keyboard. Sementara sisi atas terdapat dua speaker dengan posisi di kiri dan kanan. Untuk sisi kanannya, terdapat dua speaker lagi dengan port USB type-C ditengahnya. Secara total tablet ini memiliki empat speaker besutan AKG yang dibekali teknologi Dolby Atmos. Port USB type-C-nya sendiri mendukung super-fast charging sampai 45W.

Sisi atas pojok kiri ada tombol fisik Power dan Volume, dan pojok kanannya ada slot kartu yang bisa digunakan untuk memasang satu nano SIM card dan satu kartu microSD. Sesuai namanya, nano SIM card-nya jelas sudah mendukung jaringan 5G yang kencang. Sementara kartu microSD mendukung sampai kapasitas 1 TB.

Beralih ke bagian layar, ukurannya sebesar 14,6 inci menjadikan sebagai tablet dengan layar terluas hingga saat ini. Dengan panel Super AMOLED, resolusinya 1848×2960 pixels dengan kerapatan piksel 240 ppi serta refresh rate 120 Hz. Tidak ketinggalan layarnya sudah disematkan fitur on-display fingerpint serta sudah dilapisi dengan pelindung anti gores yaitu Corning Gorilla Glass 5.

Samsung menyematkan dua kamera depan pada sisi atas layar yang disematkan pada desain notch atau biasa disebut dengan poni. Masing-masing resolusinya adalah 12 MP wide dan 12 MP ultra-wide sehingga cocok saat digunakan untuk meeting atau belajar online dengan tangkapan area yang lebih luas.

Sebagai tablet dengan layar sentuh, Samsung menyertakan stylus bawaan yang dikenal dengan nama S Pen. S Pen ini mendukung beragam aktivitas, seperti menggambar, menulis, hingga menavigasi aplikasi yang terdapat di dalam tablet. S Pen terbaru ini juga diklaim tiga kali lebih presisi dibanding sebelumnya.

Berbekal baterai internal, pengisian daya bisa dilakukan dengan menempelkan S Pen ke bodi belakang tablet sesuai dengan posisi garing di dekat kamera utama. S Pen ini memiliki sejumlah peningkatan, diantaranya latensi lebih rendah yaitu 2,8ms serta punya sensitivitas tekanan sebesar 4.096 level sehingga nyaman digunakan untuk menggambar yang butuh detail ketebalan berbeda.

Seperti tablet premium sebelumnya, Samsung juga merancang agar tablet ini bisa dimaksimalkan dalam segala hal. Untuk itu disediakan pula aksesori yaitu book cover keyboard yang dijual terpisah sehingga bisa pula difungsikan sebagai laptop berbasis Android.

Cara pemasangannya mudah karena Samsung sudah merancang sisi bawah tablet agar langsung terpasang dengan book cover keyboard. Nantinya bagian ini akan langsung menempel karena menggunakan material magnet. Aktifkan fitur Samsung Dex dan Anda tinggal menggunakannya laptop.

Untuk spesifikasi lainnya, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, RAM 12 GB, dan ROM 256 GB. Konektivitas nirkabelnya mendukung WiFi 802.11 ax dan bluetooth 5.2. Sementara baterainya punya kapasitas besar yaitu 11.200 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam untuk berinternet.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo