cool hit counter

5 Penyebab E-mail Terkirim tapi Tidak Sampai ke Penerima

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Pernahkan Anda mengirim e-mail namun tak ada balasan dari penerima. Bisa jadi e-mail Anda tetap terkirim namun tidak sampai ke e-mail tujuan.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena beragam hal. Mulai dari e-mail penerima yang salah eja atau ditandai sebagai spam.

Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengatasinya dengan berbagai cara. Untuk mengatasinya berikut ini KompasTekno merangkum penyebab dan cara mengatasi e-mail terkirim namun tak sampai ke penerima.

Alamat e-mail tidak valid

Penyebab pertama bisa jadi alamat e-mail yang Anda tuju tidak valid. Hal ini seringkali terjadi dan cukup sering diabaikan pengguna.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan alamat email dieja dengan benar dan valid. Anda juga bisa menghubungi penerima melalui telepon untuk mengonfirmasi ejaan dan validitas alamat email.

E-mail masuk ke folder spam

E-mail terkadang dapat dikirim ke folder “spam” di akun penerima tanpa mereka sadari. Penyebabnya bisa jadi penerima sebelumnya menandai email Anda sebagai “spam” secara tidak sengaja, sehingga semua e-mail di masa mendatang dialihkan ke folder “spam”.

Untuk mengatasi masalah pengiriman email ke folder spam, minta penerima untuk memeriksa folder Spam mereka. Jika email ditemukan di sana, mereka dapat menandainya sebagai “bukan Spa,”yang memungkinkan pesan sekali lagi masuk ke Kotak Masuk penerima.

Email ditandai sebagai spam oleh penyedia email

Banyak penyedia e-mail memiliki perlindungan antispam yang terpasang dalam layanan e-mail mereka. Perlindungan antispam mencoba mendeteksi apakah e-mail adalah spam, dan jika pesan Anda terdeteksi sebagai spam, maka sistem ini akan memblokirnya.

Untuk mengatasi deteksi spam yang salah, minta penerima untuk meminta penyedia e-mail atau sistem keamanan mereka memasukkan alamat email Anda ke daftar putih.

Server email penerima memblokir e-mail

Terkadang pesan yang dikirim dari server e-mail lain mungkin diblokir karena ditemukan konten mencurigakan yang dikirim sebelumnya. Konten mencurigakan dapat mencakup virus , malware, dan tautan ke situs web tertentu.

Jika menurut Anda penerima tidak menerima e-mail Anda karena server e-mail memblokir mereka, hubungi penerima melalui telepon atau akun e-mail lain.

Berkoordinasilah dengan penerima untuk menentukan apakah server e-mail Anda benar-benar diblokir oleh server e-mail penerima. Jika demikian, administrator server email penerima mungkin menyetujui untuk meninjau pemblokiran, atau membuat pengecualian.

Penerima tidak punya waktu untuk merespons

Jika Anda tidak mengenal penerima atau tidak memiliki cara lain untuk menghubungi mereka untuk memverifikasi bahwa mereka menerima e-mail, mereka mungkin tidak punya waktu untuk merespon.

Banyak orang, dan bahkan beberapa perusahaan, tidak menanggapi setiap e-mail yang mereka terima dan malah menghapus email yang tidak menarik atau penting bagi mereka.

Jika Anda mencoba menghubungi seseorang yang tidak merespon melalui email, cobalah bentuk komunikasi lain, seperti formulir kontak situs web atau media sosial.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo