cool hit counter

Jamin Koneksi Kabel Universal, Ini Thunderbolt 4 Dari Intel

Shopee Promo

kobexielite.com/ – NESABAMEDIA.COM – Intel kembali membuat gebrakan baru lewat teknologi kabel koneksi yaitu Thunderbolt 4. Suksesor Thunderbolt 3 yang dikeluarkan pada 5 tahun lalu ini menghadirkan banyak fitur baru serta mengusung tagline “Truly Universal” yang menjamin koneksi kabel secara universal.

Artinya, Thunderbolt 4 menjamin kompabilitas antara produk Thunderbolt dan USB generasi lama dengan gadget terkait. Baik aksesori maupun kabel dengan konektivitas dari Thunderbolt 4 pasti berfungsi dengan generasi sebelumnya yaitu Thunderbolt 3.

Protokol dasar pada Thunderbolt 4 akan serupa dengan USB 4.0 sehingga kabel maupun port Thunderbolt 4 pasti terhubung dengan USB Type-C. Intel pun mengklaim bahwa kabel Thunderbolt 4 tidak lagi memerlukan repeater atau penguat sinyal.

Dalam menjalankan fungsinya, Thunderbolt 4 akan memiliki kecepatan transfer minimum sebesar 40 Gbps. Meskipun nilai laju transfer top-end ini tidak berbeda dengan Thunderbolt 3, Intel tetap menjanjikan perbaikan berupa dukungan konektivitas yang lebih banyak.

Pertama, Thunderbolt 4 mampu menghubungkan dua layar sekaligus dengan resolusi 4K atau satu layar resolusi 8K dalam rangka penayangan video. Kedua, Thunderbolt 4 menyediakan PCI Express sebesar 32 Gbps untuk laju storage mencapai 3000 Mbps. Sebagai kebutuhan minimum kinerja data, besar PCIe ini dua kali lebih cepat dari Thunderbolt 3 yang bernilai hanya 16 Gbps.

Hadir dalam panjang 2 meter, teknologi yang dibawa oleh Thunderbolt 4 akan cocok untuk desain laptop yang ringan dan tipis sesuai keinginan masyarakat modern. Bagi produk laptop yang bermitra dengan Intel, Thunderbolt 4 akan tersedia sedikitnya sebuah port untuk menjalankan pengisian daya atau charger.

Thunderbolt 4 (Sumber: wccftech)

Untuk generasi Thunderbolt berikutnya, dock Thunderbolt akan mampu menunjang hingga empat port berbeda. Tentunya Intel dapat merealisasikan konektivitas yang semakin luas serta kebutuhan kabel yang lebih panjang.

Thunderbolt 4 diumumkan pertama kali pada Januari tahun ini. Setelah spesifikasi Thunderbolt 4 terungkap, banyak pihak yang menanti penjualan produk asal Amerika Serikat ini, salah satunya adalah Lenovo.

Hingga saat ini, Intel masih menjalankan pengujian untuk sertifikasi Thunderbolt 4 dan baru membagikan kit untuk para developer saja. Untuk produk yang akan menyertakan Thunderbolt 4 diprediksi akan muncul tahun ini, termasuk proyek laptop Intel yang memiliki kode nama Project Athena.

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

    close Shopee Promo