cool hit counter

Nasi Kuning Nyambar, Kuliner Khas Balikpapan Cocok Untuk Sarapan Pagi

Shopee Promo

kobexielite.com/ – Berbagai jenis nasi olahan khas nusantara menjadi menu sarapan pagi yang sangat lezat dan gurih. Nasi kuning misalnya, kamu pasti tidak heran lagi ketika menemukan nasi kuning. Nasi yang diwarnai dengan kunyit dengan olahan bumbu serta santan membuat rasa dan aroma nasi kuning menjadi khas rempah-rempah Indonesia. Kamu akan menemukan dengan mudah dibelahan nusantara, namun ketika di Balikpapan, nasi kuning menjadi makanan khas yang biasa disebut dengan Nasi Kuning nyambar.

Menu Paling Mantap di Kota Balikpapan

Berbicara nasi kuning, Balikpapan menjadi salah satu kota penyedia nasi kuning paling lezat. Saking terkenalnya banyak pembeli hingga berjejer antri. Jangan salah dulu, meski nasi kuning terlihat itu-itu saja namun nasi kuning Nyambar khas Balikpapan ini ada beberapa topping yang bakal berbeda dari nasi kuning pada umumnya. Kira-kira apa yang membuat beda dari nasi kuning ini?

Toping Ikan Haruan

Tambahan ikan yang biasa disebut iwak Haruan ini menjadi pelengkap utama nasi kuning Nyambar. Masalahnya Balikpapan terbilang penghasil ikan Haruan terbanyak di kawasan pesisir lautan.

Khasiat Ikan Haruan

Selain mudah didapatkan diperairan Balikpapan, ikan Haruan berkhasiat untuk tubuh. Mulai dari berkhasiat untuk kesehatan kulit, juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Banyak pasien paska operasi mengkonsumsi ikan Haruan ini.

Pelopor Nasi Kuning Bertoping Iwak Haruan

Ikan haruan menjadi menu lauk terpopuler dikalangan penduduk Balikpapan. Tak heran jika penjual nasi kuning nyambar ini sengaja menambahkan toping nasi kuning dengan ikan Haruan. Kecocokan warga Balikpapan dengan daging ikan Haruan ini menjadikan nasi kuning khas Balikpapan terlihat berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

Harga Nasi Kuning Nyambar Sangat Terjangkau

Balikpapan terkenal dengan biaya hidup yang mahal, namun urusan kuliner satu ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Kamu cukup menyediakan uang Rp. 10.000 kamu mendapatkan satu porsi nasi Kuning Nyambar dengan toping ikan Haruan. Menu ini sangat cocok untuk sarapan sebelum berangkat kerja.

Cita Rasa Unik dari Resep Turun Temurun

Soal rasa, Nasi Kuning Nyambar ini jangan ditanya. Bagi kamu yang pertama kali mencicipi nasi kunin ini bakal nambah seketika. Resep olahan ini menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang pemilik kedai. Tak heran kedai satu ini selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai daerah. Hingga para pejabat pun yang berkunjung ke Balikpapan tak segan menikmati nasi kuning nyambar ini.

Lokasi Nasi Kuning Nyambar

Nasi kuning Nyambar ini bisa kamu nikmati di kedai yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman nomor 131 Gunung Sari Balikpapan Kalimantan Timur.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website travelingyuk.com. Situs https://kobexielite.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://kobexielite.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

close Shopee Promo